Hasmipeduli.org

Perintah Membayar Zakat

Perintah zakat disyariatkan beriringan di tahun yang sama setelah disyariatkan shiyam Ramadhan. Sejarah mencatat bahwa shiyam Ramadhan disyariatkan pada bulan Sya’ban tahun kedua Hijriyah (lihat As-Sirah an-Nabawiyyah 2, Dr. Muhammad bin M Abu Syahbah, halaman 106).

Perintah shiyam ini diikuti dengan perintah untuk membayar zakat fithr sebagai kesempurnaan ibadah shiyam Ramadhan. Setelah itu, turunlah perintah untuk membayar zakat harta dan yang berkaitan dengannya. Tasyri’ (penetapan syariat) ini diterangkan dalam hadis sahih sebagai berikut:

عَنْ قَيْسِ بْنِ سَعْدٍ، قَالَ: أَمَرَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِصَدَقَةِ الْفِطْرِ قَبْلَ أَنْ تَنْزِلَ الزَّكَاةُ، فَلَمَّا نَزَلَتِ الزَّكَاةُ لَمْ يَأْمُرْنَا وَلَمْ يَنْهَنَا وَنَحْنُ نَفْعَلُهُ

Dari Qais bin Sa’d. Dia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam memerintahkan kita untuk membayar zakat fithr sebelum turunnya perintah zakat harta. Setelah turun perintah zakat harta ini, beliau tidak memerintahkan lagi untuk membayar zakat fithr dan tidak melarangnya serta kami tetap membayar zakat fithr.” (HR. An-Nasa`i)

Ayat Alquran telah berbicara tentang zakat dalam 26 ayat lebih. Perintah membayar zakat sering disebut beriringan dengan perintah menegakkan shalat. Misalnya dalam firman Allah berikut:

وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ

“Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (QS. Al-Baqarah ayat 43)

Mari Tunaikan Zakat Anda Sekarang : KLIK DISINI

Sedangkan, perintah untuk membayar zakat kekayaan dari hasil kerja, menggunakan kata perintah untuk infak dengan kalimat perintah: “Nafkahkanlah!”

Allah berfirman:

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا أَنْفِقُوا مِنْ طَيِّبَاتِ مَا كَسَبْتُمْ وَمِمَّا أَخْرَجْنَا لَكُمْ مِنَ الْأَرْضِ وَلَا تَيَمَّمُوا الْخَبِيثَ مِنْهُ تُنْفِقُونَ وَلَسْتُمْ بِآخِذِيهِ إِلَّا أَنْ تُغْمِضُوا فِيهِ وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ

“Hai orang-orang yang beriman, nafkahkanlah (bayarlah zakat) dari sebagian hasil usahamu yang baik-baik dan sebagian dari apa yang Kami keluarkan dari bumi untuk kamu. Dan janganlah kamu memilih yang buruk-buruk lalu kamu menafkahkan daripadanya padahal kamu sendiri tidak mau mengambilnya melainkan dengan memicingkan mata terhadapnya. Dan ketahuilah bahwa Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Al-Baqarah ayat 267)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lengkapi amal baik anda hari ini dengan sedekah jariyah bersama HASMI

Hubungi Kami
Hubungi Kami
Terimakasih Telah Menghubungi Kami..!!
Ada yang bisa kami bantu?..