Hasmipeduli.org

Ajarkan Nama-nama Surga Kepada Anak

HASMI PEDULI – Bunda sedang mengajarkan pengetahuan agama Islam pada Si Kecil? Jangan lupa untuk mengenalkan nama-nama surga ya.

Dikutip dari buku Surga karya Mahir Ahmad Ash-Syufiy, surga disebut sebagai tempat makhluk Allah Ta’ala dan orang-orang mukmin hidup kekal dan abadi. Kenikmatan surga tidak ada yang pernah melihatnya dengan mata, mendengarnya dari telinga, atau terlintas di hati manusia.

“Di sana tidak ada malapetaka, rasa lelah, sakit, luka, lesi, bosan, malas, lapar, dan haus. Di sana hanya ada kesenangan, kemudahan, dan keindahan,” tulis Mahir Ahmad Ash-Syufiy dalam bukunya.

Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam menjadi yang pertama masuk surga. Sedangkan umatnya adalah umat yang pertama di antara umat-umat nabi yang lain yang masuk surga.

Dalam hadis disebutkan bahwa Abu Bakar adalah orang yang masuk surga setelah Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam. Diriwayatkan dari Anas r.a. bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

“Saya adalah orang pertama mengetuk pintu surga.(HR Muslim)

“Aku mendatangi pintu surga, lalu aku memintanya untuk dibuka. Malaikat yang bertugas menjaga pintu surga bertanya, ‘Anda siapa?’ Aku menjawab, ‘Muhammad’. Lalu dua berkata, ‘Aku diperintah agar tidak membuka pintu surga untuk siapa pun sebelum Anda’.” (HR Muslim)

Dari Abu Hurairah r.a. bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda:

“Malaikat Jibril mendatangiku seraya memperlihatkan pintu surga yang akan dimasuki oleh umatku. Lalu Abu Bakar bertanya, ‘Ya Rasulullah, saya senang jika saya bisa melihat bersamamu’. Rasulullah menjawab, ‘Wahai Abu Bakar, engkau adalah orang yang pertama masuk surga dari umatku.” (HR Abu Daud)

Baca Juga : Inilah 4 Hal yang Mendatangkan Rezeki

Nama-nama surga

Dalam beberapa ayat di Al-Qur’an, Allah Ta’ala telah menjelaskan tentang nama-nama surga, Bunda. Berikut nama-nama surga yang bisa dijelaskan ke anak:

  1. Jannah

Melansir dari buku Surga yang Allah Janjikan karya Ibnul Qayyim al-Jauziyyah, nama Jannah mencakup berbagai kenikmatan, kesenangan, kegembiraan, kebahagiaan, dan pemandangan yang menentramkan. Secara etimologis, kata Al-Jannah berasal dari kata as-satr wat taghthiyyah, yang artinya tertutup dan terselubung.

Kebun juga disebut dengan Jannah. Sebab, dia menutupi sisi-sisi dalamnya dengan pepohonan. Jadi, hanya tempat yang memiliki beragam pepohonan layak disebut Jannah.

2. Darus Salam

Darus Salam bisa berarti rumah keselamatan. Allah Ta’ala menyebutnya dalam firman:

“Dan Allah menyeru manusia ke Darus Salam (surga) dan memberikan petunjuk kepada orang yang Dia kehendaki ke jalan yang lurus (Islam).” (QS. Yunus: 25)

Darus Salam adalah rumah Allah. Seperti salah satu nama Allah adalah As-Salam. Dialah yang memberikan keselamatan bagi penghuni Darus Salam.

3. Surga Darul Khuldi

Darul Khuldi adalah nama yang berarti rumah keabadian, Bunda. Surga ini dijanjikan pada orang yang taat menjalankan perintah Allah Ta’ala.

Nama surga ini diberikan karena penghuninya juga tidak akan meninggalkannya sama sekali. Allah Ta’ala berfirman:

“Dan ada pun orang-orang yang berbahagia, maka (tempatnya) di dalam surga; mereka kekal di dalamnya selama ada langit dan bumi, kecuali Tuhanmu menghendaki (yang lain) sebagai karunia yang tidak ada putus-putusnya.” (QS. Hud: 108).

Baca Juga : Keutamaan Adzan Dan Muadzin, Sampaikan Ini Pada Anak Agar Semangat

4. Darul Muqamah

Nama surga Darul Muqamah dapat berarti tempat tinggal abadi. Allah Ta’ala bercerita tentang penghuninya dalam firman:

“Dan mereka berkata, ‘Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan kesedihan dari kami. Sungguh Tuhan kami benar-benar Maha Pengampun dan Maha Mensyukuri, yang dengan karunia-ya menempatkan kami dalam tempat yang kekal (surga), di dalamnya kami tidak merasa lelah dan tidak pula merasa lesu’.” (QS. Fathir: 34-35)

5. Adn

Adn adalah nama beberapa surga. Dilansir buku Amalan-Amalan Ringan Yang Dirindukan Surga karya Ahmad Zacky El-Syafa, S.Ag., M.Ag, surga Adn diciptakan dari intan putih dan dihuni oleh orang-orang yang beriman karena kesempurnaan iman dan Islamnya. Surga ini juga diperuntukkan bagi umat yang bersabar dalam hidupnya.

Allah Ta’ala berfirman tentang surga ini:

“Yaitu surga Adn yang telah dijanjikan oleh Tuhan Yang Maha Pengasih kepada hamba-Nya, sekalipun (surga itu) tidak tampak. Sungguh, (janji Allah) itu pasti ditepati.” (QS. Maryam: 61)

“(Mereka akan mendapatkan) surga Adn, mereka masuk ke dalamnya, di dalamnya mereka diberi perhiasan gelang-gelang dari emas dan mutiara, dan pakaian mereka di dalamnya adalah sutera.” (QS. Fathir: 33)

6. Jannatul Ma’wa

Nama surga Jannatul Ma’wa memiliki arti tempat tinggal. Allah Ta’ala mengisahkan penghuni surga ini dalam surat An-Najm ayat 15 yang berbunyi:

“Di dekatnya ada surga tempat tinggal.”

Muqatil dan Al-Kalbi mengatakan bahwa ‘Di sanalah jiwa-jiwa para syahid disemayamkan’.

Ka’ab berkata, ‘Jannatul Ma’wa adalah surga yang di dalamnya terdapat burung hijau yang membumbungkan jiwa para syuhada’.

7. Darul Hayawan

Nama surga lainnya dalah Darul Hayawan yang berarti tempat yang sesungguhnya. Allah SAW berfirman dalam surat Al Ankabut ayat 64 yang berbunyi:

“Dan kehidupan dunia ini hanya senda gurau dan permainan. Dan sesungguhnya negeri akhirat itulah kehidupan yang sebenarnya (hayawan), sekitarnya mereka mengetahui.” (QS. Al Ankabut: 64)

Menurut para ahli tafsir, yang dimaksud dalam ayat itu adalah surga. Hayawan adalah tempat yang sesungguhnya, tempat hidup tanpa mati.

Baca Juga : Keutamaan Menjaga Wudhu, 3 Hal Ini Perlu Disampaikan Pada Anak

8. Firdaus

Surga Firdaus merupakan surga yang diciptakan Allah Subhanahu Wa Ta’ala dari emas. Surga ini juga disebut juga sebagai surga paling bagu dengan tingkatan tertinggi, Bunda.

Allah SWT berfirman tentang surga Firdaus dalam surat Al Kahf ayat 107 yang berbunyi:

“Sungguh, orang yang berima dan mengerjakan kebajikan, untuk mereka disediakan surga Firdaus sebagai tempat tinggal.” (QS. Al Kahf: 107).

Adh-Dhahhak berpendapat bahwa Firdaus dalah taman yang dipenuhi pepohonan dengan udara sejuk. Orang Arab biasa menggunakan kata ini untuk menyebut pepohonan yang rimbun.

9. Jannatun Na’im

Surga Jannatun Na’im dapat berarti taman kenikmatan. Surga ini menjadi sebutan semua surga karena mencakup seluruh nikmat di dalam surga, mulai dari makanan, minuman, pakaian, imaji, wewangian, pemandangan, tempat tinggal, dan beragam nikmat zahir dan batin.

Calon penghuni surga ini dijelaskan dalam firman Allah Ta’ala di surat Luqman ayat 8, yakni:

“Sesungguhnya orang-orang yang beriman dan mengerjakan kebajikan, mereka akan mendapat surga-surga yang penuh kenikmatan.” (QS. Luqman: 8)

10. Al-Maqamul Amin

Nama surga Al-Mawamul Amin dapat berarti tempat yang aman. Al-Maqam berarti tempat tinggal, sedangkan Al-amin adalah aman dari semua keburukan, bencana dan hal-hal yang dibenci.

“Al-Maqamul Amin adalah tempat yang menyatukan semua sifat aman. Dia aman dari gonjangan, kehancuran, dan semua kekurangan. Penghuninya aman keluar dan masuk darinya. Mereka aman dari segala kekurangan dan kesulitan,” kata Ibnul Qayyim al-Jauziyyah.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Ad Dukhan ayat 51-52, yang berbunyi:

“Sungguh orant-orang yang bertakwa berada dalam temoat yang aman, (yaitua0 di dalam taman-taman dan mata air-mata air.” (QS. Ad Dukhan: 51-52)

11. Maq’adudh Shidqi Wa Qidamush Shidqi

Surga disebut dengan Maq’adudh Shidqi karena segala yang disenangi dapat dicapai di tempat ini. Di sini ada kenikmatan yang sesungguhnya, perkataan jujur, dan pencapaian segala maksud.

Kata Maq’adudh Shidqi juga biasa digunakan untuk menunjukkan kekasihan dan kesempurnaan. Misalnya, kata ini digunakan pada perkataan dan perbuatan.

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al Qamar ayat 54-55, yang berbunyi: “Sungguh orang-orang yang bertakwa di taman-taman dan sungai-sungai. Tempat yang disenangi di sisi Tuhan Yang Maha Kuasa.” (QS. Al Qamar:54-55)

Gerakan Wakaf Al Qur’an yang Pahalanya diniatkan untuk Orangtua : KLIK DISINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.