HASMI PEDULI
SEDEKAH ADALAH HAK HARTA

SEDEKAH ADALAH HAK HARTA

Sedekah adalah hak harta – Harta adalah sarana, sarana yang Allah titipkan untuk menumbuhkan buah-buah kebaikan yang bisa dinikmati manisnya oleh setiap orang. Bukan hanya sebatas rizki untuk sendiri yang sekejap menghilang setelah melaju melalui kerongkongan.

Harta adalah kenikmatan, dan setiap kenikmatan  yang kita terima di dunia tentu ada konsekuensinya termasuk harta, ia memiliki hak yang harus ditunaikan  yakni mesti dugunakan sebagai sarana kebaikan, maka jika hak harta tersebut tidak ditunaikan dalam arti hanya berada di segelintir orang, maka fungsin utama harta sebagai sarana kebaikan untuk ummat, akan menghilang.

TIDAK BERSEDEKAH ADALAH KEDZALIMAN

Rosul tahu persis tentang ini, bahwa sedekah adalah hak harta, yang mana jika sedekah tidak dilaksanakan maka fungsi utama harta akan menghilang bahkan akan menimbulkan kekacauan diantara ummat, maka Rosul pernah bersabda:

Diriwayatkan dari Jabir radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah sallallahu alaihi wasallam bersabda: “Jauhilah (takutlah) oleh kalian perbuatan dzalim, karena kedzaliman itu merupakan kegelapan pada hari kiamat. Dan jauhilah oleh kalian sifat kikir, karena kikir telah mencelakakan umat sebelum kalian, yang mendorong mereka untuk menumpahkan darah dan menghalalkan apa-apa yang diharamkan bagi mereka”. (HR: Muslim).

Sungguh harta adalah pedang bermata dua, tergantung bagaimana cara ia digunakan akan menjadi manfaat atau madarat, semua tergantung seseorang yang Allah titipkan pedang tersebut.

SEDEKAH ADALAH JALAN KEMULIAAN

Sedekah adalah hak harta, yang jika laksanakan maka akan terbentanglah luasnya jalan menuju kemuliaan, baik di dunia maupun di akhirat.

Rosul bersabda :

“Sesungguhnya dunia hanyalah diberikan untuk empat orang : (pertama) hamba yang Allâh berikan ilmu dan harta, kemudian dia bertakwa kepada Allâh dalam hartanya, dengannya ia menyambung silaturahmi, dan ia menyadari bahwa dalam harta itu ada hak Allâh. Inilah kedudukan paling baik (di sisi Allâh)…(HR. Ibnu Majah)

Saudaraku, tak perlu risau dengan harta yang akan kita sedekahkan, semua adalah investasi, bisnis terbaik dengan sang Khalik, yang akan memberikan kita keuntungan berlipat ganda baik di dunia mapun di akhirat.

Terlebih bahwa sedekah adalah bagian dari rasa syukur kita kepada Allah atas kenikmatan yang telah Allah percayakan kepada kita, dan degan syukur tersebut akan Allah tambahkan lagi dan lagi.

Allah berfirman :

“Dan (ingatlah juga), tatkala Rabbmu memaklumkan; “Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih. Dan Musa berkata: “Jika kamu dan orang-orang yang ada di muka bumi semuanya mengingkari (nikmat Allah) maka sesungguhnya Allah Maha Kaya lagi Maha Terpuji.” (QS. Ibrahim: 7-8)

Dan sebaliknya jika kita kufur, tidak menunaikan hak harta, menjadi kikir dan jumawa, maka Allah akan menimpakan adzab kepada kita.

Semoga artikel sedekah adadalah hak harti ini menjadikan kita hamba bertaqwa kepada Allah, Aamin

Penulis : Wira al-Ghotury

Leave a Reply

Close Menu
WhatsApp Chat Kami di Whatsapp